Kamis, 10 Maret 2011

5 JARI KITA


pernah gak kita menyadari jumlah jari tangan kita normalnya adalah 5 jari pada tiap tangan dan kaki, dan itu adalah jumlah yang pasti ada pada tiap manusia kecuali yang kurang beruntung. Dan pernah gak kita menyadari kenapa kelima jari kita masing masing berbeda nama dan ukuran?? pernah menyadarinya?? Ibu jari adalah jari yang paling besar diantara jari yang lain, dan kelingking adalah jari terkecil diantara semua jari, jari telunjuk dan jari manis sama panjangnya dibandingkan dengan jari tengah yang lebih panjang dari semua jari.

pernahkan kalian memberikan umpama umpama terhadap jari-jari kita?? aku pernah. setiap kali aku melihat jari-jariku, aku memulai untuk melihat jari terbesarku, yaitu IBU JARI, dari namanya aja udah keliatan kalo Ibu adalah sosok yang harus kita awali untuk diperlakukan dengan sangat baik, Ibu adalah sosok suci yang harus kita hormati sepanjang nadi kita masih bisa berdetak, sesuai dengan ajaran agama Islam bahwa ibu adalah orang yang harus pertama kali kita dahulukan, kita doakan.

yang kedua adalah jari telunjuk, yang berarti menunjuk dan memang benar jari telunjuk adalah jari yang selalu digunakan untuk memberikan petunjuk kepada diri kita sendiri maupun kepada orang lain. dan dapat dimaknai bahwa jari telunjuk berarti bahwa setiap manusia dilahirkan untuk dapat menuntun orang lain, membantu orang lain, dan mengingatkan orang lain terhadap apa yang dia kerjakan dan dia lakukan.

yang ketiga adalah jari tengah, melihat posisinya yang berada ditengah semua jari kita, maka dapat kita maknai bahwa kita sebagai manusia, makhluk sosial yang beragama dan juga memiliki kebudayaan serta pengalaman yang berbeda beda harus bisa menempatkan diri pada setiap lingkungan, mampu memberikan bantuan kepada siapapun tanpa pandang bulu, memberikan perasaan adil bagi setiap orang yang berada disekitar kita, perlu kita ingat jari tengah berada di tengah tengah semua jari tangan kita, 2 jari berada disebelah kanannya dan 2 lagi beradai disebelah kirinya. maka ingatlah untuk selalu berbuat adil terhadap segala permasalahan yang kita temui dalam hidup ini.

keempat adalah jari manis, manis berati gak pahit (^0^) yang berarti bahwa kita diharuskan bersikap sopan santun kepada semua orang, bersikap baik kepada siapapun tanpa harus perduli akan status sosial, jabatan dan kedudukannya di dunia ini.

kelima adalah jari kelingking, jari paling kecil dari semua jari yang kita miliki. ingatlah kata kecil, yang berarti bahwa dalam hidup ini kita harus rendah diri, LOW PROFILE, tidak membangga banggakan apa yang kita miliki, tidak sombong atas status kita di dunia ini, karena perlu kalian ingat bahwa semua yang kita miliki saat ini hanyalah sebuah titipan sang pencipta yang suatu saat akan hilang bersamaan dengan hilangnya diri kita dari dunia ini.

itulah makna makna yang bisa aku ambil dari kelima jari kita yang memiliki nama serta bentuk yang berbeda antar satu dengan yang lain, dimana jari ini akan selalu mengingatkan kita untuk selalu mawas diri dan juga menjaga diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar