Kamis, 10 Maret 2011

LONDO JOWO

Ini adalah sebuah cerita kecil mengenai pertemuanku dengan seorang BULE (orang asing.red) gila disebuah daerah wisata di KOTA JOGJAKARTA.

alkisah diriku saat itu sedang berwisata bersama beberapa orang temanku ke jogjakarta selama beberapa hari, setiap sudut kota jogja yang eksotis selalu kami kunjungi termasuk juga daerah Malioboro. Malioboro adalah sebuah daerah perbelanjaan kaki lima yang membentang panjang dari stasiun tugu sampai dengan daerah kantor Pos besar jogja karta.

sebagai salah satu pusat keramaian di Jogjakarta, tak mengherankan kalo Malioboro selalu dipadati oleh wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal kayak saya. dan karena keramaian antara dua jenis wisatawan inilah cerita ini bisa terjadi.

sedang asik-asiknya bermain di Malioboro untuk mencari Oleh-oleh yang akan dibawa pulang kekampung tercinta, tiba-tiba terdengar seseorang yang memanggil rombongan saya, "excusme sir, boy what everlah" teriak seseorang dibelakang kami, dengan segera kamipun menoleh kearah sumber suara dan betapa terkejutnya ketika kami melihat sesosok bayangan putih berada dibelakang kami sambil berlari kecil, yup bayangan putih itu adalah bayangan seorang bule laki-laki sayangnya, yang berusaha mengejar kami. "wait for me" teriaknya lagi. kami semua hanya terdiam dan terbengong sambil melongo mendengar apa yang di ucapkan oleh bule itu. sepertinya bule itu ingin menanyakan sesuatu kepada rombongan kami yang saat itu sedang asik berbelanja. " i'm sorry, you guy's, i just wont to ask you something!!" teriak bula itu pada kami, masih dalam keadaan melongo kami hanya dapat saling memandang satu sama lain, " do you know where joger is??" tanya dia kepada kami. mendengar perkataannya membuat kami salah tingkah, anggukan dan gelengan kami lakukan dengan maksud membuat BULE ini mengerti bahwa kami tidak bisa berbahasa inggris, apalagi arab.... hehe

maklum aja saat itu kami belum faseh berbahasa inggris seperti saat ini yang sebenarnya masih tetap sama seperti saat itu, sama-sama belum bisa berbahasa inggris, yang saya tau bahasa inggris itu cuma "ohh...yeeeessss...oohh Nooooo......" sama "ooHHH....GoDDDD.....!!" cuma kata-kata itu aja yang saya tau hehe :ngacir....:

"Damn...what All of you doing?? why just geleng-geleng and angguk angguk like Project P song??" kata bule itu setengah marah kepada kami. "well KULO ngerti, njenengan niku mboten saget sanjang boso inggris nggeh??" kata BULE itu.

GUBRAK!!!!!

mata kami melongo, mulut melotot terkaget kaget mendengar perkataan BULE itu barusan, anjrit ni bule bisa ngomong jawa, kenapa gak dari tadi ngomong sih?? kataku dalam hati..
"lho kangmas saget sanjang jawi toh??" tanya seorang temanku yang gak kalah kagetnya mendengar perkataan bule tersebut. " lha nggeh toh yo, lha wong kula niki lawas teng semarang koh mas, mbekayu." busyet dah ni BULE apa petani sih ???
"hmm cah semarang toh....lha mau ngomong apa koe??arep takon apa maring aku?? "tanyaku dengan bahasa ngapak tercinta hehe :P
"wau kula bade taken, nggen damel kaos joger niku teng pundi? kula bade tumbas sekarung ngge disade malih teng inggris, kaose wayah-wayah sanget, saestu lah nek kula sade teng nggone bapane kula" kata BULE itu menjelaskan.

tak perlu berpanjang lebar lagi kami memberi tahukan letak pabrik atau toko yang menjual kaos joger kepada BULE JOWO itu, dasar semprul, BULE kok ngomong jawa, lha wong jawa arep ngomong apa tah??..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar